Kamis, 22 November 2018

Kegiatan Bazar Mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk tembus 80 produk kreatif

Kamis, 22 November 2018 telah dilaksanakan kegiatan Bazar Produk Kreatif Mahasiswa. Kegiatan ini diikuti oleh 80 mahasiswa semester VII STKIP PGRI Nganjuk yang tersebar dalam 3 (tiga) program studi yaitu Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan IPA. Kegiatan ini sebagai bentuk implementasi mata kuliah Kewirausahaan yang tidak hanya menekankan capaian pembelajaran pada aspek pengetahuan tetapi juga aspek keterampilan (softskill). Kegiatan ini bertujuan untuk membangun jiwa entrepreneur bagi mahasiswa, sebagai wadah menyiapkan binit-bibit wirausahawan yang berkompeten yang dapat digunakan sebagai landasan untuk menghadapi dunia kerja, baik itu untuk memulai, memiliki, dan mengelola perusahaan di masa yang akan datang.
Ratusan pengunjung tampak memadati ruang bazar yang dibuka sejak pukul 13.00 sampai dengan 20.00 WIB. Peserta yang datang selain dari mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk, juga diikuti oleh umum. Bazar produk kreatif yang berisikan kerasi dari mahasiswa ini mendapat tanggapan yang positif dari pengunjung. Bahkan sebelum penutupan, terlihat produk yang ditampilakn peserta sudah ludes terjual.


Produk yang dihasilkan dalam kegiatan ini terdiri dari 80 produk yang tersebar dalam 18 stand. Produk yang ditampilkan merupakan hasil kreatifitas mahasiswa dalam mengangkat komoditas lokal Kabupaten Nganjuk seperti makanan Kripik Bawang Merah (Kribaw), aneka minuman berbahan dasar buah, Stik Wortel, Kripik Tempe Aneka Rasa, Buah Naga, Nugget Lele, dll. Produk barang seperti peralatan pertanian, Kokomo Sandal Terbang, Puas Arang yang merupakan jenis lampu hias. Semua produk bazar dikemas menarik, kreatif, dan inovatif.
Dr. Hariyono, MM., Wakil Ketua III bidang kemahasiswaan STKIP PGRI Nganjuk menambahkan bahwa kegiatan pameran produk kreatif seperti ini harus dikembangkan. Bahkan akan menjadi agenda rutin tahunan. “Dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin acara bazar produk kreatif seperti ini akan kita gandeng pihak-pihak terkait untuk mencoba mempromosikan produk lokal Nganjuk. Seperti UPT Pelatihan Kerja Nganjuk, Diseperindag Nganjuk, bahkan Pemerintah Daerah Kab. Nganjuk,” papar Hariyono pada saat pembukaan kegiatan Bazar Produk Kreatif Mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk 2018. . Dari sisi mahasiswa, hal ini penting mengingat pentingnya generasi muda mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja dan menyesuaikan diri dengan era Revolusi Industri 4.0.



Share This