Rabu, 24 Oktober 2018

STKIP PGRI Nganjuk Gelar Wisuda ke-35 Cetak Sarjana Pendidikan Kompeten dan Andal


NGANJUK - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Nganjuk menggelar wisuda ke-35, Selasa (23/10). Wisuda yang digelar di Gedung Wanita itu diikuti ratusan peserta dari empat program studi (prodi). Yakni, PPKn, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris.
sambutannya, Ketua STKIP PGRI Nganjuk DR Vera Septi Andrini, MM mengucapkan selamat atas diraihnya gelar baru bagi para lulusan. Selanjutnya, ia meminta para lulusan ikut berperan dalam Target Indonesia Emas 2045.
Pendidikan adalah proses yang akan menempa generasi penerus yang unggul. Guru akan mendidik. SDM guru menjadi kuncinya. Di sini peran STKIP PGRI Nganjuk menyiapkan guru berkualitas itu,” ujarnya membuka wisuda.

Untuk diketahui, wisuda tersebut dihadiri orang tua wali wisudawan, dan berbagai tamu undangan. Seperti Kepala LLDikti Wilayah VII Jatim Prof DR Ir Suprapto. Ia mengatakan, peringkat STKIP PGRI Nganjuk sangat gemilang. Tercatat, kampus terbesar di Kota Angin ini berada di peringkat 47 dari 328 perguruan tinggi di Jatim. "Secara nasional, tahun lalu berada di urutan 939. Tahun ini naik di urutan 274," ujarnya disambut gemuruh tepuk tangan.
Selain itu, di sela acara turut diisi orasi ilmiah. Orasi disampaikan Prof DR Dr H Salamun Sastra, Wakil Rektor Lincoln University College, Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam orasinya, ia mengatakan hasil penelitiannya yang belum sempat dipublikasikan.
Yakni, pemeriksaan prefentif mata kepada remaja. Hasil penelitiannya menyebut, dari seribu remaja, seratus di antaranya menggunakan kacamata. Bahkan, delapan di antaranya mengalami kebutaan.
"Untuk itu, penelitian ini akan kami serahkan kepada STKIP PGRI Nganjuk dan pemda setempat, agar diterapkan. Sebab, ini adalah institusi pencetak guru yang memiliki kerjasama dengan sekolah yang notabene siswanya remaja," kata Prof Salamun.
Usai orasi ilmiah, acara dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman. Yakni antara STKIP PGRI Nganjuk dengan Prof Salamun maupun istitusinya. Baik  terkait hasil penelitian, maupun kerjasama jenjang karier dosen studi lanjut di Lincoln University Collage.of Malaysia. Penandatanganan juga disaksikan Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi yang hadir dalam acara itu.
Pria yang akrab disapa Kang Marhaen itu juga mengapresiasi langkah STKIP PGRI Nganjuk. Di mana, pengabdian masyarakatnya menciptakan taman di alun-alun ramah lansia "Penelitian dari Prof Salamnun dan upaya STKIP tentu sangat berdampak positif bagi masyarakat," kata wabup.
Acara yang dimulai pukul 09.00 itu juga dihadiri Ketua PGRI Jatim, Ichwan Sumandi. Wisuda berlangsung khidmat. Mengenakan topi dan toga, ratusan mahasiswa mengikuti prosesi wisuda dari awal hingga usai. Satu-persatu tali toga dipindahkan dari kiri ke kanan oleh Vera.

(rk/die/die/JPR) (Jawa Pos Radar Nganjuk)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 komentar: