Jumat, 17 Januari 2014

Pertumbuhan Ekonomi 2014 Berpotensi Capai 5,9%

Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi pada tahun 2014 dapat mencapai 5,8-5,9 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan proyeksi Bank Dunia yang sebesar 5,3 persen. Demikian disampaikan Menteri Keuangan M. Chatib Basri di Jakarta, Rabu (15/1).

stkip pgri nganjuk2Sebagai informasi, Bank Dunia merevisi pertumbuhan ekonomi global tahun ini, yang diprediksi akan mengalami peningkatan dari 3 persen menjadi 3,2 persen. Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan tetap berada di level 5,3 persen.

Menurut Menkeu, proyeksi Bank Dunia tersebut tidak dapat dijadikan patokan, mengingat perkiraan-perkiraan lembaga multilateral tersebut dapat saja meleset. “Mereka (Bank Dunia) juga sering salah kok, lebih benar kita kan. Waktu tahun lalu juga begitu prediksinya. Jadi saya kira angkanya (pertumbuhan ekonomi Indonesia 2014) akan berada di level 5,8-5,9 persen,” ungkapnya.

Sementara itu, Ekonom Bank Himpunan Saudara Rully Nova mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2014 kemungkinan masih akan tumbuh di level 5,75 persen. Hal tersebut dikarenakan bank sentral masih menerapkan kebijakan moneter yang ketat, salah satunya dengan mempertahankan suku bunga acuan (BI rate) pada level yang cukup tinggi, bahkan diperkirakan berlanjut dalam jangka waktu cukup lama. “Untuk mencapai (pertumbuhan ekonomi) 6 persen sulit, tapi ruang buat tumbuh kira-kira bisa di level 5,75 persen ini cukup memadai, karena BI ingin membenahi volatilitas pasar keuangan di dalam negeri, tapi level itu juga cukup stabil,” pungkasnya.(ans)

Share This

0 komentar: